Home » 2017 » June » 1 » Cara Cek Saldo BPJS
2:17 PM
Cara Cek Saldo BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) terus melakukan inovasi untuk memberikan layanan kemudahan kepada para peserta BJPSTK. Kepala BPJSTK cabang Kota Kendari La Uno mengatakan salah satu layanan terbaru itu adalah untuk melakukan pengecekkan saldo jaminan hari tua (JHT) dengan tiga cara. “Sebelumnya kan kita setiap akhir tahun memberitahukan kepada peserta menggunakan selebaran kertas rekening, tapi sekarang akan lebih mudah,” ungkap La Uno saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/3/2017).

Tiga cara tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi BPJSTK mobile yang dapat didownload melalui Appstore dan Playstore pada smartphone Anda. Informasi terkait : cara cek Tagihan BPJS meliputi cek saldo BPJS mandiri dan cek saldo BPJS ketenagakerjaan.

Kemudian, melalui layanan pesan singkat saldo (SMS) JHT, pertama lakukan regitrasi terlebih dahulu untuk memperoleh no ID, dengan kirim SMS dengan format: REG#Nomor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek#Tanggal Lahir#Nama Ibu kandung, lalu kirim ke 08111009696

Setelah mendapatkan balasan nomor ID Anda maka sudah bisa menggunakannya untuk cek saldo JHT via SMS dengan cara SALDO#NO_ID, lalu di kirim ke 08111009696. Serta cara ketiga langsung melalui website resmi BPJSTK (www.bpjsketenagakerjaan.go.id). Baca juga : cek BPKB online serta cara cek ram vga laptop

Dijelaskan La Uno bahwa tiga cara ini akan mempermudah masyarakat mengecek saldo JHT dimanapun dan kapanpun serta ini juga akan menjadi salah satu bentuk transparansi perusahaan apakah upah yang dilaporkan pada BPJSTK sesuai dengan upah yang didapatkan perserta selama bekerja di perusahaan tersebut.

Apabila tidak sesuai maka peserta berhak melakukan konfirmasi kepada pihak BPJSTK secara cepat, tepat dan mudah. Berdasarkan ketentuan yang telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa semua elemen pekerja yang ada di Indonesia ini harus menggunakan BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini untuk melindungi para pekerja dari resiko terkait dengan resiko kesehatan, jaminan hari tuan dan juga semua manfaat yang terkandung di dalam BPJS tersebut. Ada juga informasi mengenai cara melacak nomor hp serta cara mengetahui lokasi nomor hp lewat google map.

Kedua belah pihak ini harus memahami segala hak dan juga kewajiban yang terkandung di dalam BPJS tersebut baik para pekerja yang menerima upah dari pemberi kerja (perusahaan) yang membayar upah. Dalam BPJS ini, ada banyak manfaat yang akan didapatkan. Misalnya adalah mengenai manfaat terkait dengan jaminan kecelakaan kerja, dan juga jaminan hari tua (JHT).

BPJS Ketenagakerjaa ini berkerja berdasarkan dari premi yang telah dibayarkan para pekerja dan juga pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi. Para peserta BPJS ini akan mendapatkan kembali hasil dari investasi tersebut seperti halnya sebuah tabungan dan investasi.

Iuran tersebut akan dibayarkan secara langsung oleh perusahaan dengan memotong penghasilan pekerja dengan perhitungan sebesar 3,7 persen yang ditanggung oleh perusahaan dan 2 persen yang ditanggung oleh pekerja itu sendiri. Itlah informasi cara cek saldo bpjs yang bisa kami paparkan semoga bermanfaat!

Views: 339 | Added by: Aprilia | Tags: cek, bpjs, Online | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar