Home » 2018 » January » 24 » Perhatikanlah Industri Pipa PVC Siap Ekspor
6:25 PM
Perhatikanlah Industri Pipa PVC Siap Ekspor

Diana Lumakso, Presiden Direktur PT Sulfindo Adiusaha, menuturkan, Indonesia memiliki lima produsen PVC dengan kapasitas produksi 595.000 ton per tahun. Tahun ini, pasar domestik hanya menyerap 300.000 ton. maklum, tingkat konsumsi PVC di Indonesia hanya 1,25 kg per kapita per tahun. Berbeda dengan harga pipa galvanis dan juga harga pipa paralon

Lantas sisa 295.000 ton produksi PVC Indonesia diekspor ke Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, Turki, Banglades, Srilanka, dan India. India merupakan sasaran ekspor yang paling empuk. Maklum, saban tahun, kebutuhan PVC India mencapai 2,1 juta ton.

simak juga : harga batu split

Diana optimistis, dalam jangka panjang, konsumsi PVC akan berkembang pesat. Khusus tahun depan, ia memprediksi, produksi dan konsumsi PVC akan tumbuh sekitar 5%-6%. “Pertumbuhan ini seiring dengan proyek infrastruktur dan pengembangan properti yang membutuhkan material PVC,” katanya.

Pertumbuhan ini akan mendongkrak pendapatan produsen. Tahun ini, Sulfindo yakin bisa mengumpulkan pendapatan US$ 80 juta dari penjualan PVC.

related post : bata merah

Oh ya, sebelum menjadi PVC, vinyl lebih dulu diolah dalam bentuk ethylene dichloride (EDC). Nah, di samping menjual PVC, Sulfindo juga menjual EDC. Tahun ini, penjualan EDC Sulfindo bisa mencapai US$ 250 juta.

Selain karena penambahan produksi, pertumbuhan pendapatannya di tahun ini juga disokong peningkatan harga. Di awal tahun, PVC dijual seharga US$ 800 per ton. Di akhir tahun, harganya terkerek hingga US$ 1.000 per ton.

Cerahnya prospek bisnis diakui oleh Sumphan Luveeraphan, Direktur Pelaksana PT TPC Indo Plastic & Chemical. Tahun ini, produksi PVC TPC mencapai 70.000 ton. “Penjualan kami kira-kira bisa mencapai US$ 70 juta-US$ 80 juta,” kata Sumphan.

Views: 243 | Added by: Aprilia | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar