Home » 2018 » July » 2 » Simak yuk Batako Ramah Lingkungan Berbahan Cangkang Kerang
7:26 AM
Simak yuk Batako Ramah Lingkungan Berbahan Cangkang Kerang

Mungkin bagi mayoritas orang menganggap sampah anorganik akan dibuang percuma lantaran tak tahu cara mengolahnya. Namun, di tangan orang yang kreatif, sampah anorganik akan menghasilkan nilai ekonomi tinggi.

Adalah Akhmad Syamsul Arifin (36) warga Jalan Tjilik Riwut 2, RT 19, Tembalu, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng yang mampu "menyulap" sampah anorganik sisa pengolahan sampah daur ulang menjadi batako. 

Baca Juga: harga bata ringan

Pengusaha di bidang daur ulang sampah anorganik ini sekaligus pemilik Bank Sampah Induk Berkah Jaya Plastindo, Pangkalan Bun.

“Awalnya saya punya ide itu 1,5 tahun lalu, awalnya saya buat batako yang bahannya menggunakan sisa-sisa sampah anorganik yang saya daur ulang. Sampah daur ulang ini sudah tidak memiliki nilai ekonomis karena tidak bisa dijual. \

Baca Juga: harga batu bata merah 

Bisa dibilang, ini kotoran sisa pencacahan sampah anorganik yang saya kelola di bank sampah,” ujar Syamsul, sambil memperlihatkan caranya membuat batako dari sampah daur ulang, di pabrik bank sampah miliknya, Rabu (11/4/2018).

Artikel Terkait: harga batako 

Suami dari Muzakiyah (25) ini mengatakan, awalnya sampah sisa daur ulang ini ia gunakan untuk campuran saat memplester lantai gudang bank sampah dengan sampuran semen atau pengganti batu koral.

“Awalnya coba-coba, karena selama ini sisa sampah daur ulang ini hanya menupuk di area gudang. Saya pakailah untuk campuran saat memplester lantai gudang, iseng iseng sebagai pengganti batu koral. 

Eh ternyata kuat juga, dilalui truk pun lantai tidak pecah,” cerita ayah dari Mauliyatut T Arifin (11) dan Hafizatuz Zakiyah Arifin (3,5) ini.

Views: 215 | Added by: Aprilia | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar