Home » 2018 » October » 11

Kondisi pelemahan rupiah yang terus bergejolak sejak beberapa bulan terakhir, berdampak langsung terhadap beberapa industri di tanah air, tak terkecuali di Riau.

Salah satu sektor yang paling terganggu akan kondisi ini yakni porperti, beberapa jenis bahan baku harga modalnya ikut naik, karena rata-rata yang digunakan untuk pembangunan aset properti adalah bahan baku yang berasal dari luar negeri, yang harganya juga menyesuaikan harga luar negeri.

Dari beberapa industri properti yang cukup tertekan terhadap melemahnya rupiah yakni perumahan. Pengembang harus mengeluarkan modal lebih untuk pembelian bahan baku.

Salah satu pengembang perumahan di Pekanbaru mengaku, untuk biaya pembangunan rumah saat ini, mau tidak mau harus bertambah mengingat sejumlah bahan konstruksi harganya ikut naik.

"Bahan konstruksi seperti besi harganya sudah mulai naik, kalau semen itu masih standar. Kalau besi itu naiknya ada sekitar 20 persen dari biasanya," ujar Man ... Read more »

Views: 292 | Added by: Aprilia | Date: 10.11.2018 | Comments (0)

Nilai tukar dolar terhadap rupiah yang terus melambung, selain membuat harga kebutuhan pokok naik, juga membuat harga bahan bangunan ikut meroket. Warga yang saat ini tengah memperbaiki rumah, semakin pusing karena uangnya sudah menipis, tetapi huniannya tak kunjung selesai.

Baca Juga: kusen aluminium 

Kondisi ini dialami Maulana, 48, warga Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Ia mengaku sudah sangat pusing dengan naiknya harga bahan material.

Upaya membangun kamar untuk anaknya pun menjadi tersendat karena harga semen, pasir hingga batu bata melambung. “Dolar Amerika naik, ya semuanya ikut-ikutan. Akhirnya saya kena imbasnya,” keluhnya, Rabu (10/10).

Baca Juga: harga engsel 

Maulana membeberkan, sejak seminggu belakangan ini harga semen terus naik. Awalnya membeli semen Rp54 ribu/sak, kini naik ... Read more »

Views: 289 | Added by: Aprilia | Date: 10.11.2018 | Comments (0)